Menguji Visi Misi Calon Presma Unnes

Visi Misi adalah sebuah janji yang ditawarkan oleh setiap calon Presiden Mahasiswa (Presma).Tapi sejauh mana visi misi tersebut relevan dan realistis untuk diaplikasikan akan menjadi penilaian banyak pihak. Sebab visi misi akan menjadi alasan utama kenapa mahasiswa menjatuhkan kepada salah satu calon Presma.
KAMIS (13/12) nanti mahasiswa akan memberikan dukungannya dengan memilih salah satu Calon Presma pada Pemilu Raya Keluarga Mahasiswa Unnes tahun ini. Memilih dan dipilih adalah salah satu hak dan kewajiban yang diatur dalam konstitusi dasar negara begitu juga dengan konstitusi mahasiswa.
            Penjatuhan pilihan pada salah satu Calon Presma seharusnya menjadi pertimbangan lahir dan batin tiap mahasiswa dalam memilih nanti. Akan sangat terlihat mana Calon Presma yang mempunyai visi yang realistis dan menjadi harapan mahasiswa dan mana visi yang hanya sekedar janji.
            Baik Choirul Amin maupun Makhmud Kuncahyo, keduanya bersaing ketat. Sebab keduanya mempunyai basis massa yang cukup kuat. Choirul Amin dibesarkan bersama gerakan intra dan esktra kampus sementara Makhmud besar di kalangan intra kampus BEM FMIPA. Tentunya hal tersebut juga akan menjadi pertimbangan mengingat seberapa jauh pengalaman keduanya dalam mengelola lembaga mahasiswa. Bisa diasumsikan bahwa visi misi adalah sebuah harapan ataupun janji Calon Presma dalam memperbaiki kinerja dan fungsi BEMKM. Makhmud Kuncahyo, Calon Presma Nomor Urut 2 mengusung usaha optimalisasi fungsi BEMKM sebagai lembaga pelayanan, penyalur aspirasi, advokasi, dan pembentuk karakter mahasiswa. Sementara Choirul Amin, Calon Presma Nomor Urut 1 mengusung perbaikan karakter BEMKM menjadi lembaga yang memiliki progresivitas dalam aktivitasnya dan solutif (sehat, unggul, kontributif). Keduanya memiliki visi yang bisa dikatakan biasa saja, sebab hal-hal tersebut biasa diusung dalam ajang Pemira oleh Calon Presma pada tahun-tahun sebelumnya.
Peta Politik Pemira
            Geopolitik dalam pemira kali ini jelas terlihat perbedaan basis dukungan. Choirul Amin didukung oleh basis massa gerakan ekstra kampus, sebab sebagai Ketua Gerakan Mahasiswa Anti Korupsi (GEMAK) Unnes memiliki jaringan esktra yang kuat. Sementara itu Makhmud, Sebagai Gubernur BEM FMIPA 2012 memiliki basis dukungan lembaga intra baik dari MIPA maupun fakultas lainnya.
About these ads

Tentang kammiunnes

KAMMI adalah salah satu organisasi elemen gerakan mahasiswa (EGM) ekstra kampus yang berideologi Islam.
Tulisan ini dipublikasikan di Aksi KAMMI, Berita, Informasi KAMMI dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s